Jumat, 09 Juli 2021

 Assalamu 'Alaikum sahabat LaLit (Kalam Literasi)

Semoga kalian sehat selalu dan salam literasi.

Oia, apakah kalian mempunyai Blog, atau mungkin kalian pernah memiliki nya????

Pernahkah kalian mengalami kendala bahasa pada tampilan awal muka nya (istilah blogger nya Dashboard) yang berbahasa Inggris atau bahasa lainnya yang tidak dikehendaki???

Jika kalian punya masalah tersebut, saya juga mengalaminya pertama kali membuat blog. Pertama kali saya memiliki Blog, ada satu hal yang menggelitik saya mengenai bahasa yang muncul dalam Dashboard blog perdana saya, yaitu bahasa Inggris. Padahal saya sendiri adalah guru bahasa Inggris. Kenapa menggelitik, ya karena saya bingung untuk mengikuti tutorial yang berseliweran di YouTube dengan bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam dashboard nya (sedangkan bahasa setting yang muncul di dasboard saya ya bahasa Inggris. Maklum,,, kadang bahasa Inggris dalam suatu pemograman/settingan perlu pemahaman yang lebih sebagai bahasa yang memang memiliki tujuan English for specific purpose ðŸ¤­ðŸ¤­ðŸ˜Š). 

Praktik nya, dashboard blogger saya berbahasa Inggris, dan pada menu setting saya coba mencari peralihan bahasanya. Saya klik Settings kemudian Basic dan Blog language, sudah saya ganti menjadi bahasa Indonesia tapi menu di dashboard blog saya tetap berbahasa Inggris. Hal tersebut berkali-kali sudah saya coba beserta step-stepnya lalu fresh ulang, dan hasilnya tetap sama, tidak berubah. Kan kezeeeel guyssss ðŸ˜”😔🤦‍♂️🤦‍♂️

seperti gambar dibawah ini ðŸ‘‡ðŸ‘‡ðŸ‘‡


Lalu bagaimana agar dashboard blog saya bisa berbahasa Indonesia????
Saya searching di google dan Alhamdulillah menemukan tutorial yang sangat bagus melalui link 👇👇
https://www.santridanalam.com/2020/07/cara-mengubah-bahasa-dashboard-blogger.html

Mengubah Bahasa Blog Pribadi Melalui Akun Google Pribadi 

Hal pertama yang saya lakukan adalah pada wall halaman dashboard blogger, saya klik foto profil akun google saya  (sesuai ilustrasi gambar di bawah ditandai dengan kotak merah sebelah pojok kanan atas). Klik pada foto profil dan muncul : manage your google accountklik pada bagian tersebut dan akan terbuka halaman akun google.
Lebih jelasnya lihat ðŸ‘‡ðŸ‘‡ðŸ‘‡ (gambar didapat dari link https://www.santridanalam.com/2020/07/cara-mengubah-bahasa-dashboard-blogger.html)






Pada tahap Data & Personalization, saya lanjutkan dengan scroll ke bawah sampai menemukan opsi Languange. Lalu Klik Language (Bahasa), maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Klik tanda pensil pada pilihan bahasa atau klik pada + Tambahkan Bahasa Lain (+Add another language).

Maka akan muncul kota seperti ðŸ‘‡ðŸ‘‡ðŸ‘‡


Setelah muncul kotak pencarian bahasa atau Add language, lalu scroll ke bawah bahasa yang ingin digunakan dengan meng-klik (dalam hal ini Indonesia) sehingga muncul tulisan Select warna biru di pojok bawah kanan. Lalu klik Select 
(Otomatis Dashboard akan mengubah tampilan kedalam bahasa Indonesia)Dan alhamdulillah,,, it works.

Selamat mencoba, guys!

Tidak ada komentar: